Blogs

Apakah Anda Membutuhkan Managed Cloud Services? Cek Artikel Ini untuk Mempertimbangkannya!

Blog Single

Managed Cloud Services menyediakan manajemen cloud parsial atau lengkap untuk lingkungan IT perusahaan Anda. Setiap penyedia layanan Managed Cloud Services (MCSP) menawarkan nilai yang berbeda, dengan memperhatikan aspek-aspek tertentu. Tanggung jawab MCSP dapat mencakup migrasi, pengoptimalan, keamanan, konfigurasi, dan pengoptimalan. Keuntungan khas MCSP adalah pengoptimalan sumber daya, integrasi cloud, dan pengeluaran tetap yang dapat diprediksi. Isu yang seringkali membuat sebuah organisasi perusahaan memikirkan ulang terhadap menyewa jasa layanan MCSP adalah multi-penyewaan yang dapat menyebabkan masalah perlindungan data.

Untuk menanggulangi ketidakinginan yang terjadi ketika Anda ingin menyewa jasa Managed Cloud Services, sebaiknya Anda memahami dulu konsep Managed Cloud Services.

Apa itu Managed Cloud Services?

Managed Cloud Services adalah layanan yang menawarkan pengelolaan sebagian atau seluruh sumber daya atau infrastruktur cloud klien. Tanggung jawab manajemen dapat mencakup migrasi, konfigurasi, pengoptimalan, keamanan, dan pemeliharaan. Layanan ini dirancang untuk memungkinkan organisasi memaksimalkan manfaat dari layanan cloud sambil meminimalkan waktu dan biaya internal.

Anda dapat mengakses layanan cloud terkelola untuk cloud publik, pribadi, dan hybrid kapan saja dalam siklus hidup adopsi cloud. Seringkali, organisasi akan mengontrak layanan sebelum migrasi untuk mendapatkan bantuan dalam menentukan sumber daya cloud mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka untuk memastikan bahwa konfigurasi dilakukan dengan benar.

Penyedia jasa layanan Managed Cloud Services adalah MCSP. MCSP ini dapat terhubung langsung ke sumber daya cloud yang Anda gunakan atau operator pihak ketiga. Penyedia cloud terkelola biasanya menawarkan penawaran berlangganan untuk berbagai layanan. Penyedia layanan cloud terkelola dapat berfungsi sebagai pengganti IT cloud internal atau sebagai suplemen untuk tim internal.

Kenapa Harus Menggunakan Jasa Managed Cloud Services?

Jika Anda mempertimbangkan untuk bekerja/menggunakan jasa penyedia Managed Cloud Services, ada beberapa alasan yang mungkin ingin Anda pertimbangkan. Aspek-aspek ini mungkin tidak mengubah keputusan Anda, tetapi memahami sifat-sifat ini dapat membantu Anda memastikan bahwa Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari penyedia yang Anda pilih.

Optimalisasi Sumber Daya

Keuntungan pertama dalam menggunakan jasa Managed Cloud Services adalah MCSP dapat membantu Anda menentukan layanan yang paling sesuai dengan beban kerja Anda. Mereka juga dapat membantu Anda memahami model penetapan harga mana yang paling hemat biaya untuk kebutuhan Anda dan bagaimana Anda dapat mengonfigurasi layanan untuk mengoptimalkan kinerja sekaligus meminimalkan biaya. Banyak vendor juga dapat memberikan laporan atau metrik kinerja yang jelas untuk sumber daya yang ada dan saran untuk meningkatkan konfigurasi.

Mengintegrasikan Layanan Cloud

Keuntungan lainnya dalam menggunakan jasa Managed Cloud Services adalah dukungan integrasi yang menjadi manfaat signifikan dari MCSP, terutama jika Anda mencoba membuat lingkungan hybrid atau multi-cloud. Hybrid Cloud menggabungkan sumber daya lokal dengan cloud dan multi-cloud menggabungkan layanan cloud dari beberapa penyedia. Lingkungan ini seringkali memerlukan konfigurasi yang lebih kompleks daripada penerapan cloud tunggal.

MCSP dapat membantu Anda memastikan bahwa semua sumber daya cloud yang Anda pilih terhubung dengan lancar ke sistem yang ada. Mereka juga dapat membantu menjamin bahwa karyawan, pengguna, dan aplikasi dapat mengakses sumber daya tanpa masalah.

Pengeluarannya Stabil dan Dapat Diprediksi

Keuntungan terakhir menggunakan jasa Managed Cloud Services adalah MCSP banyak menggunakan sistem dukungan berlangganan berjenjang untuk memenuhi berbagai kebutuhan kliennya. Ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar untuk anggaran Anda dan dapat membantu Anda memastikan bahwa Anda hanya membelanjakan apa yang Anda harapkan setiap bulan.

Selain itu, beberapa penyedia mengizinkan Anda menggunakan sistem kredit untuk layanan. Ini memungkinkan Anda untuk mengakses lebih banyak dukungan selama masa permintaan tinggi sebagai ganti dukungan yang lebih rendah selama periode yang lebih lambat. Ini sangat ideal untuk organisasi dengan jadwal yang berfluktuasi atau musiman. Misalnya, pajak atau perusahaan audit.

Pertimbangan Utama Saat Memilih Penyedia Layanan Cloud Terkelola

Memutuskan MCSP mana yang tepat untuk Anda bisa menjadi suatu tantangan. Banyak penyedia tampaknya menawarkan layanan yang sama dan jika Anda baru mengenal layanan cloud, Anda mungkin tidak memahami aspek apa yang paling penting. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang harus Anda ingat saat meninjau opsi MCSP Anda.

Kemampuan dan Keahlian

Penyedia mana pun yang Anda pilih harus terbiasa dengan layanan cloud yang ingin Anda gunakan dan operasi bisnis. Ini berarti memahami praktik terbaik industri, mengetahui cara mengintegrasikan alat atau aplikasi penting apa pun yang Anda miliki, dan mampu menyesuaikan atau mengoptimalkan alur kerja Anda untuk sumber daya cloud.

Beberapa pertanyaan yang berguna untuk ditanyakan meliputi:

  1. Layanan cloud apa yang mereka kenal dan bagaimana mereka dilatih tentang layanan ini
  2. Organisasi macam apa yang mereka layani terutama?
  3. Seberapa akrab mereka dengan tools atau alur kerja industri Anda?

Keamanan dan Kepatuhan

Keamanan dan kepatuhan harus berada di urutan teratas daftar Anda saat mengevaluasi MCSP. Komponen-komponen ini adalah beberapa yang paling sulit untuk dikelola oleh organisasi. Penyedia yang tepat dapat membantu Anda memastikan peningkatan yang signifikan atas apa yang mungkin dapat Anda buat sendiri.

Beberapa pertanyaan yang berguna untuk ditanyakan meliputi:

  1. Keahlian dan pengalaman keamanan apa yang dimiliki tim penyedia, termasuk tingkat sertifikasi.
  2. Peraturan kepatuhan apa yang menjadi spesialisasi penyedia dan apakah ia menawarkan layanan untuk mengaudit kepatuhan.
  3. Tindakan keamanan apa yang mereka ambil untuk mengamankan data klien dan akses agar tidak disusupi melalui akses mereka (yaitu penyerang datang melalui mereka).
  4. Apakah mereka menyediakan solusi keamanan bawaan?

Transparansi dan Kontrol

Mengandalkan MCSP untuk mengelola sumber daya cloud Anda membutuhkan banyak kepercayaan. Penyedia ini umumnya memiliki akses penuh ke data Anda dan fungsionalitas layanan cloud Anda mungkin bergantung sepenuhnya pada mereka. Karena itu, penting untuk memilih penyedia yang transparan tentang bagaimana layanan Anda ditangani.

Idealnya, penyedia juga harus berkolaborasi dengan tim internal Anda untuk membantu mereka memahami bagaimana layanan dikelola. Transparansi ini membantu mengurangi ketergantungan pada penyedia dan membantu Anda memverifikasi bahwa MCSP menyediakan layanan yang mereka klaim.

Beberapa pertanyaan yang berguna untuk ditanyakan meliputi:

  1. Seberapa bersedia penyedia untuk membagikan laporan kinerja dan metrik tentang layanan Anda
  2. Apakah penyedia menggunakan alat berpemilik atau sumber terbuka untuk mengelola layanan?
  3. Bagaimana Anda diberi tahu tentang perubahan, pemeliharaan, atau masalah?
  4. Pelatihan seperti apa yang ditawarkan penyedia untuk meningkatkan keahlian internal?

Managed Cloud Services oleh Boer Technology (Btech)

Btech akan membantu untuk membantu operasi teknis secara keseluruhan di Managed Service. Btech juga mendukung tiket pencegahan dan korektif tanpa batas untuk layanan ini. Apa saja layanan yang Btech sediakan?

OPERASI HARIAN OLEH BTECH

Dengan layanan terkelola, operasi sehari-hari ditangani oleh tim Btech, dan klien dapat fokus pada penggunaan dan aktivitas bisnis

PROAKTIF

Dalam managed service, tim Btech akan proaktif memberikan update dari aktivitas dan tantangan lainnya.

MODEL HARGA NODE/TAHUN

Perhitungan layanan ini hanya berdasarkan anoda per tahun. Baik dari orang yang terlibat maupun tiket yang digunakan.

TIKET KOREKTIF TINGKAT MENENGAH / AHLI TANPA BATAS

Btech menyediakan tiket korektif tanpa batas di tingkat menengah sebagai bentuk optimalisasi layanan.

KEBUTUHAN KUSTOM

Btech memberikan fleksibilitas untuk kustomisasi berdasarkan kebutuhan & tujuan klien.

PEMELIHARAAN PREVENTIF

Tiket pencegahan juga memberikan dukungan untuk semua kebutuhan sesuai dengan tujuan klien.

Bila Anda ada kebutuhan mengenai Managed Services dan kebutuhan lainnya segera hubungi kami di sales@btech.id atau +62-811-1123-242 serta kunjungi laman kami di www.btech.id