Hasil Survey Mengatakan Biaya Cloud Sulit Terkendali, Apa Solusinya?
Di dunia bisnis, menurut data yang didapat dari laman Cloud Computing News, sebanyak 46% perusahaan bisnis yang memanfaatkan kan teknologi cloud computing merasa sulit untuk mengendalikan biaya cloud. Data disebut dilaporkan oleh perusahaan pemantau bisnis bernama Anodot. Menurutnya, fenomena kesulitan mengendalikan biaya pemanfaatan teknologi cloud computing disebabkan oleh krisis visibilitas yang sedang berlangsung ketika perusahaan mencari wawasan yang tepat tentang perincian biaya cloud dan efisiensi penggunaan cloud dan oleh karena itu tidak dapat secara efektif mengurangi pengeluaran yang terbuang – bahkan ketika migrasi cloud terus meningkat dan pemotongan biaya adalah prioritas. Laporan ini didasarkan pada survei terhadap 131 direktur dan eksekutif TI yang berbasis di AS.
Laporan Biaya Cloud Anodot tahun 2021 mengungkapkan bahwa pandemi sangat mempercepat peralihan banyak perusahaan ke cloud, dan survei terbaru mengonfirmasi bahwa transisi terus berlanjut karena bisnis terus menghargai kelincahan dan skalabilitas yang disediakan cloud: 91% responden melaporkan bahwa mereka saat ini memiliki infrastruktur TI di cloud; 60% mengatakan bahwa memindahkan lebih banyak beban kerja ke cloud menjadi prioritas mereka di tahun mendatang. Karena perusahaan terus menghadapi tagihan cloud bulanan yang tinggi – dengan biaya cloud menempati urutan kedua setelah penggajian dalam hal pengeluaran bisnis bagi banyak orang – memvisualisasikan biaya, mengoptimalkan pembelanjaan, dan mengurangi dolar yang terbuang adalah prioritas utama, terutama di tengah perlambatan ekonomi.
Sebagian besar tagihan cloud yang membengkak ini dapat dihindari: 44% responden mengatakan bahwa setidaknya sepertiga (33%) dari pengeluaran cloud mereka terbuang sia-sia setiap tahun. Visibilitas adalah penyebab utama: mayoritas eksekutif yang disurvei (53%) mengatakan mendapatkan visibilitas ke dalam penggunaan dan biaya cloud adalah tantangan utama mereka untuk mengendalikan pengeluaran dan mengurangi pemborosan; seperlima (19%) mengatakan mereka tidak memiliki kemampuan untuk mengelola anggaran cloud mereka karena visibilitas yang tidak memadai dalam penggunaan cloud. Biaya cloud juga menjadi semakin kompleks untuk dilacak dan dipahami, yang juga menyebabkan kesalahan pengeluaran: 46% eksekutif melaporkan bahwa penyediaan yang berlebihan adalah sumber utama pemborosan cloud, sementara 45% menyalahkan fragmentasi aset cloud di seluruh tim dan vendor.
David Drai, CEO dan salah satu pendiri Anodot, mengatakan: “Pergeseran ke cloud membutuhkan keseimbangan antara kecepatan migrasi beban kerja dan pengendalian biaya."
“Saat ini, manajemen biaya cloud – yang semakin penting karena bisnis berusaha untuk mengurangi sumber daya yang terbuang dan meningkatkan pendapatan – harus didasarkan pada empat elemen utama: visibilitas, wawasan, rekomendasi, dan tindakan otomatis. Perusahaan yang memanfaatkan AI dan ML untuk mengontrol dan mengoptimalkan lingkungan cloud mereka melihat hasil langsung dan mengurangi pemborosan, membuka nilai sebenarnya yang selalu dijanjikan cloud.”
Solusi yang Dapat Dicoba
Apabila Anda membangun dan memanfaatkan platform OpenStack pada cloud Anda, salah satu solusi untuk menekan dan memperlihatkan visibilitas tersebut adalah dengan menggunakan software billing yang fungsinya untuk menghitung penggunaan menjadi biaya (dalam mata uang). Apalagi jika banyak divisi yang menggunakan cloud tersebut. Tentu akan menjadi laporan yang penting, apakah penggunaan cloud OpenStack di divisi tersebut sudah mendapat keuntungan yang optimal, dibandingkan pengeluaran penggunaannya.
Billing Yuyu bisa jadi alternatif Anda untuk memperlihatkan visibilitas mengenai biaya penggunaan cloud yang Anda gunakan.
Apa itu Yuyu
Yuyu adalah seperangkat instrumen untuk akuntansi penggunaan yang dapat dikonfigurasi dan pembuatan laporan penagihan di lingkungan OpenStack. Fungsionalitas utama pra-integrasi untuk penagihan ini dilengkapi dengan pemantauan melalui dashboard yang mampu menghitung serta mengoperasikan seluruh kebutuhan mengenai penagihan, laporan, serta biaya yang perlu Anda keluarkan saat Anda menggunakan OpenStack. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir mengenai kelebihan biaya ketika Anda akan atau sedang menggunakan OpenStack.
Sebagai sebuah plug-in di OpenStack, Yuyu adalah alat yang memudahkan Anda untuk mengelola tagihan OpenStack. Yuyu menyediakan dashboard untuk menjalankan laporan penagihan dan mengubah perilakunya yang memudahkan untuk mengotomatisasi pembuatan laporan dan mengintegrasikan Yuyu pada lingkungan OpenStack Anda sehingga menjadi sistem penagihan penyedia layanan.
Laporan dapat dibuat berdasarkan per proyek dan per pengguna, dan fungsi tambahan untuk laporan lisensi dan ringkasan biaya juga tersedia.
Benefit Yuyu
Laporan Akurasi Tinggi
Seperti yang sudah ditulis di atas sebelumnya, bahwa keuntungan Yuyu adalah Anda tak perlu repot memikirkan miskalkulasi biaya yang Anda perlu keluarkan di lingkungan OpenStack. Dengan Yuyu, fitur, serta Dashboard-nya yang menjalankan penghitungan secara presisi membantu Anda mengkalkulasikan serta memprediksi kebutuhan yang Anda perlukan.
Manajemen Pengendalian Biaya yang Sangat Baik, dengan Peluang Untuk Menghasilkan Penghematan Biaya
Melalui penghitungan presisi, perusahaan Anda dapat mengendalikan biaya yang Anda akan keluarkan. Oleh karena itu, peluang bagi Anda menghemat biaya yang dikeluarkan guna pemberdayaan lingkungan Cloud pada OpenStack dapat terwujud dan budget Anda dapat Anda alokasikan ke ranah bisnis atau tim lainnya.
Real-Time Management dan Mudah Digunakan
Dashboard Yuyu adalah salah satu fitur yang dibanggakan oleh Yuyu. Pengelolaan secara real-time yang dikontrol semuanya melalui penggunaan dashboard serta intruksi dashboard yang sangat mudah untuk digunakan dalam mengkonfigurasi sesuai kebutuhan Anda membuat pengelolaan bukan jadi rintangan yang perlu dilakukan oleh tim IT. Anda bisa memantau secara berkala penggunaan dan berapa biaya yang Anda perlu keluarkan nantinya karena fitur real-time Yuyu. Anda pun dapat mengkonfigurasi menjadi batasan biaya yang Anda ingin keluarkan sehingga nanti muncul notifikasi apabila biaya tersebut akan atau sudah melebihi batas yang Anda inginkan.
Proses yang Fleksibel dan Transparan
Fleksibilitas dan transparansi menjadi dua hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi perusahaan. Yuyu mentransparankan biaya yang Anda perlu keluar sehingga laporan tersebut bisa dilihat oleh semua tim terkait. Yuyu adalah plug-in sehingga sangat fleksibel untuk digunakan. Di mana pun dan kapan pun, Anda dapat meng-install Yuyu dan memantau penggunaan OpenStack Anda melalui dashboard Yuyu.
Gunakan Yuyu Sekarang juga!
Dengan berbagai macam fungsi dan kelebihan yang disebutkan di atas, OpenStack tentu membutuhkan pengetahuan dan keterampilan. Terkadang fakta ini menahan organisasi untuk membuat keputusan cepat yang mendukung OpenStack. Dibutuhkan waktu, uang, dan upaya untuk menumbuhkan staf profesional di dalam perusahaan atau mendapatkan spesialis yang sangat dibutuhkan.
Apabila Anda sudah tertarik berpindah menggunakan OpenStack, barangkali Anda dapat mencoba Yuyu. Sebuah Billing OpenStack yang bisa menghitung dan mencatat penggunaan Cloud-mu di OpenStack.