3 Cara Cloud Computing Membantu Meningkatkan User Experience!
Cloud Computing atau komputasi awan melibatkan penggunaan internet untuk menawarkan layanan, alat, dan aplikasi seperti basis data, jaringan, server, dan perangkat lunak. Komputasi awan menjadi populer pada pertengahan 2000-an dan digunakan oleh banyak bisnis karena mengurangi masalah terkait komputer tradisional, seperti kebutuhan untuk membeli sumber daya perangkat keras atau perangkat lunak yang mahal. Hampir dua dekade kemudian, popularitasnya terus mengalami tren kenaikan. Menurut Gartner, 85% bisnis akan menggunakan cloud sebagai sumber daya operasional yang signifikan pada tahun 2025 dan adopsi arus utama cloud bukanlah hal yang mengejutkan.
Cloud Computing atau komputasi awan mempunyai manfaat yang cukup besar bagi banyak perusahaan. Salah satunya adalah kemampuan sistem komputasi awan yang berfungsi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan atau user experience (UX), terutama di pusat kontak. Jika Anda mengoperasikan salah satu perusahaan tersebut, Anda dapat menerapkan solusi Contact Center as a Service (CCaaS) berbasis cloud ke dalam bisnis Anda. Ini membawa serta berbagai manfaat untuk memberikan pengalaman yang paling memuaskan bagi pelanggan.
Di era yang semakin canggih ini, pengalaman pengguna menjadi modal utama kenyamanan dan kemajuan bisnis yang Anda miliki. Lalu, bagaimana Cloud Computing membantu meningkatkan User Experience?
1. Memberikan Pengalaman Pelanggan atau User Experience Omni-channel yang Mulus
Hal pertama yang dapat membantu meningkatnya pengalaman pelanggan atau user experience berkat komputasi awan adalah saluran berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menghubungi bisnis Anda. Sebagai contoh, dengan adanya komputasi awan, bisnis yang Anda jalankan akan mudah dihubungi lewat berbagai platform seperti panggilan telepon, surel, situs web, pesan instan, aplikasi, hingga chat-bots.
Komputasi awan dapat menghilangkan kesenjangan komunikasi antara berbagai saluran ini dengan menyediakan akses dari satu platform. Ini menghilangkan kebutuhan untuk terus-menerus beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain dan membantu meningkatkan produktivitas
Anda juga dapat mengintegrasikan alat manajemen hubungan pelanggan (CRM) untuk menganalisis komunikasi Anda dengan klien. Temuan dapat membantu Anda merumuskan metode yang efisien untuk memenuhi kebutuhan klien Anda dan meningkatkan pengalaman mereka.
Jika Anda ingin menyiapkan pusat kontak omnichannel di Inggris Raya, Anda harus bekerja sama dengan penyedia solusi CCaaS terkait. Mereka akan menjual layanan mereka kepada Anda dengan biaya bulanan yang dapat diatur untuk membantu memperluas basis pelanggan Anda dan meningkatkan nilai bisnis Anda.
2. Mengurangi Waktu yang Terbuang lewat Panggilan Tradisional
Hal kedua yang dapat membantu meningkatnya pengalaman pelanggan atau user experience berkat komputasi awan adalah memakan waktu yang sangat cepat dan efisien. Pengaturan panggilan tradisional membatasi jumlah panggilan yang dapat dilakukan oleh nomor telepon bisnis. Jika bisnis Anda melayani ratusan pelanggan dan beberapa menghubungi Anda secara bersamaan maka masalah akan muncul. Menunggu dalam antrian cenderung menyebabkan frustasi dan menghasilkan pengalaman yang kurang memuaskan. Anda dapat mengatasi tantangan ini dengan menggunakan solusi CCaaS. Ini memiliki fitur seperti perutean yang lebih baik, otomatisasi, dan kecerdasan buatan, yang memungkinkan karyawan Anda menangani lebih banyak panggilan telepon secara bersamaan. Ini akan mengurangi, jika tidak menghilangkan, antrian panjang dan meningkatkan UX.
3. Pelanggan dapat Berinteraksi Kapanpun Mereka Inginkan
Hal ketiga yang dapat membantu meningkatnya pengalaman pelanggan atau user experience berkat komputasi awan adalah pelanggan dapat berinterkasi kapanpun mereka inginkan. Sebagian besar waktu, klien menelepon untuk menanyakan pertanyaan umum atau rutin. Alih-alih menjawab pertanyaan yang sama berulang-ulang, Anda dapat meminta chatbots melakukan ini. Alat berbasis komputasi awan ini dapat membantu memandu klien Anda tentang apa yang mereka butuhkan, terutama jika respons umum terhadap pertanyaan sudah tersedia di situs Anda.
Beberapa chatbots bahkan mengizinkan penyesuaian yang meminta mereka memberikan jawaban saat dipicu oleh kata atau frasa tertentu. Dengan melakukan ini, perwakilan pelanggan Anda dapat fokus pada tugas-tugas rumit daripada berurusan dengan pertanyaan berulang. Ini juga mengurangi jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk memenuhi basis pelanggan yang berkembang.
Terlebih lagi, pelanggan Anda tidak perlu menunggu jam operasional bisnis Anda untuk mendapatkan jawaban. Jika Anda memasang chatbot di situs web atau platform media sosial Anda, mereka dapat memberikan solusi kepada pelanggan Anda dari seluruh dunia. Jadi, bahkan pada jam 4:00 pagi, bisnis Anda masih dapat berinteraksi dengan klien di seluruh dunia.
Jika mereka bertanya tentang apa itu produk dan bagaimana cara memesannya, chatbots dapat membantu mereka menyelesaikan transaksi. Dengan demikian, klien Anda lebih cenderung memiliki perjalanan pembelian yang mudah bahkan tanpa campur tangan manusia, yang berarti lebih banyak penjualan untuk Anda.
4. Kesimpulan
Ada banyak cara Anda dapat memasukkan solusi berbasis cloud ke dalam bisnis Anda untuk meningkatkan CX. Salah satu yang paling penting adalah menggunakan Contact Center sebagai solusi Layanan berbasis cloud. Solusi omnichannel terutama akan membantu dalam memberikan pengalaman pelanggan terpadu di seluruh saluran kontak. Perusahaan Anda juga akan menikmati peningkatan yang signifikan dalam efisiensi operasional. Jadi, hubungi penyedia terkait dan buat bagan jalan ke depan untuk bisnis Anda.
Sumber: https://cloudcomputing-news.net/news/2022/jan/11/three-ways-cloud-is-improving-customer-experience/
Baca juga: INI 5 CARA TEKNOLOGI BERBASIS CLOUD MEREVOLUSI DUNIA KEAMANAN BISNIS DIGITAL!